5 Cara Jitu Mengatasi Android Lemot



5 Cara Jitu Mengatasi Android Lemot
Smartphone android  bisa melakukan apa saja yang diperinthkan pemiliknya, mulai dari browsing internet, cek email, Fotografi, mendengarkan musik, hingga melakukan kontrol remot apapun yang kompetible dengan perangkat, Namun, penggunaan aplikasi yang begitu banyak bisa saja membuat android Lemot.

Misal, Kinerja android menjadi lambat ketika membuka aplikasi seperti whatsapp, BBM dll, Loading aplikasi menjadi lambat bahkan tidak sedikit yang Close dengan sendirinya, hal ini disebabkan oleh penggunaan ram dan prosessor yang besar, atau banyaknya sampah cache dalam aplikasi hingga android terkena virus, Lalu, bagaimana solusinya? apakah kita harus ganti Smartphone?
Jawabanya tentu tidak, Ada beberapa tips yang bisa anda bisa lakukan untuk membuat Smartphone anda kembali berjalan lancar, Berikut ini caranya :

1. Hapus Aplikasi Tak terpakai

    android merupakan perangkat yang bekerja secara multitaskting yang sangat membantu memenuhi keinginan penggunanya, Tidak sedikit pengguna yang mendownlod aplikasi diperangkat android padahal hanya sekali pake dan aplikasi tersebut tidak diuninstal, hal tersebut tentu mengurangi kapasitan CPU dan ram, terlebih data aplikasi tersebut masih tersimpan di app drawer sehingga Android anda menjadi lemot.
   Cara Terbaik mengatasi hal ini ialah dengan meng-Uninstal Aplikasi yang tidak anda pakai, jika anda memerlukan kembali aplikasi tersebut anda bisa mengunduh kembali di Play Store.

2. Bersihkan Ruang Penyimpanan Internal

    Jika anda tak pernah membersihkan ponsel akibatnya adalah Ruang Penyimpanan Internal Ponsel anda semakin sempit karena begitu banyak data yang menumpuk didalamnya.
Contoh: Anda mendownload Aplikasi, File tersebut secara otomatis tersimpan di Folder Download yang ada dipenyimpanan internal.


     Kalau anda tidak memindahkan atau menghapus File installer tentu memory penyimpanan akan semakin berkurang, kinerja  Android andapun berkurang dan menjadi lambat, Cara terbaik adalah dengan menghapus data download atau data apapun yang sudah tidak anda perlukan. atau anda juga bisa memindahkan file tersebut ke penyimpanan External sehinga penyimpanan internal menjadi lega.

3. Bersihkan Data Cache

    Data Cache sebenarnya adalah hal baik bagi ponsel android anda, karena data cache menyimpan data dari aplikasi yang anda gunakan, sehingga anda tak perlu waktu lama untuk membuka sebuah aplikasi.
    Namun apabila data cache terlalu banyak justru akan memperlambat android anda, karena itu pula beberapa aplikasi dibekali dengan fitur bersihkan cache, Jika tidak anda tetap bisa memnghapus data cache dengan cara masuk ke menu pengaturan > pilih Applikasi manager > kemudian pilih apliksi yang akan dibersihkan kemudian klik bersihkan cache/hapus cache.

4. Pastikan SD CARD Bekerja dengan Baik

    Tak Semua Smartphone Android dilengkapi dengan slot memory Exsternal, namun Ternyata kinerja lambar android bisa dipengaruhi oleh SD CARD yang tidak bekerja dengan baik.
Untuk itu anda perlu mengeceknya, bila perlu mem-Format SD CARD untuk memastikan berfungsi dengan baik. Pastikan backup data sebelum anda melakukan Format SD CARD agar data-data penting anda tidak ikut terformat atau hilang. jika anda sudah mem-Format SD CARD anda namun kinerja SD CARD masih saja lemot ada baiknya anda mengganti SD CARD dengan yang baru.

5. Factory Reset

    Jika ke-4 Langkah diatas sudah anda lakukan namun smartphone android anda masih saja lemot maka anda perlu melakukan langkah Factory Reset. penting untuk anda ingat baik-baik, jika anda melakukan factory reset maka data yang ada dalam ponsel anda akan hilang semua, saran buat anda sebelum melakukan factory reset sebaiknya anda melakukan backup seluruh data yang ada diponsel smartphone anda, factory reset juga akan menghapus akun dalam aplikasi sosmed seperti Gmail, facebook, Whatsapp, BBM, Instagram dll, jadi anda harus mengingat username dan kata sandi disetiap akun yang anda miliki didalam ponsel android anda.
    Cara Factory reset ini cukup mudah, Masuk ke menu pengaturan lalu pilih menu Backup & Reset lalu pilih menu Factory Reset.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Jitu Mengatasi Android Lemot"

Post a Comment